Mengurus Surat Rencana Menikah dari luar kota Jakarta

Akhirnya…. segala kemudahan demi kemudahan membuktikan kalau  memang jodoh, Insyaallah dipermudah dan ditunjukkan jalannya sama Allah.

Tadinya saya sudah rencana mau ke Jakarta. Maksud hati mau mengurus Surat Keterangan Rencana Menikah ke Kedutaan Belanda. Telah terbayang angka-angka dan biaya yang akan dikeluarkan. Karena saya tinggal di Padang, pastinya tidak kurang dari 3 juta rupiah akan habis untuk tiket pulang pergi, biaya sehari-hari dan biaya pengurusan surat tersebut yang katanya hanya makan waktu sehari. Alhamdulillah, tiba-tiba kepikiran menelpon Pak Danu bagian penerjemah yang direkomendasikan teman. Hasil pembicaraan ini ternyata membuka jalan, mempermudah dan membuat irit pengeluaran :). senangnya… Makasih pak Danu.

Jadi begini guys, ini informasi penting buat teman-teman yang berfikir sama dengan saya sebelumnya yang mau mengurus Surat Keterangan Rencana Menikah sendiri; Bahwa di website kedutaan tidak disebutkan untuk “wajib menghadap”, makanya pengurusan ini bisa diwakilkan. Kalau teman memang punya saudara di Jakarta, atau di cabang kedutaan Belanda lainnya di Surabaya, Medan dan Bali, maka pengurusan tersebut bisa diwakilkan, baik melalui agen pengurusan atau dibantu sanak keluarga yang ada di sana.

prosedurnya: siapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan untuk kepengurusan tsb yang sudah saya terangkan di posting sebelumnya. Buat saya pribadi, yang menikah dengan pria Belanda single, maka dokumen yang dibutuhkan tidak banyak.

singkatnya:

Dok lelaki bule single: surat domisili asli (tertera single), akte kelahiran asli, fotocopy passpor.

Dok perempuan Indonesia: fotocopy KTP dan Passport.

Kirimkan dokumen tersebut kepada Pak Danu, (klik disini posting sebelumnya tentang informasi penerjemah)

Berdasarkan informasi dari Pak Danu, dokumen tersebut sudah cukup untuk mengurus rencana menikah, untuk dokumen lain seperti pasfoto, surat masuk Islam, surat RT/RW perempuan, KK perempuan, dll hanya dibutuhkan oleh KUA. Silahkan tanya ke KUA nya masing-masing. Pengurusan Surat Keterangan Rencana Menikah melalui Pak Danu memakan waktu 3 hari kerja, dan akan dikirimkan kembali ke alamat client dengan JNE. Pengurusan dokumen dengan Pak Danu meliputi terjemahan dari dokumen tersebut ke bahasa Indonesia dan pengurusan surat-surat ke Kedutaan Belanda.

READ  Persyaratan Menikah Wanita Indonesia dengan Bule Belanda

What an easy life!

Trims to Pak Danu

 

Note: Yang mau menelpon Pak Danu untuk pengurusan Surat Keterangan Rencana Menikah dan Terjemahan, silahkan hubungi beliau di alamat berikut:

 Danu Prasetyo (penerjemah)

Jl. Palbatu I no.3 RT/RW 002/04 Menteng Dalam Jaksel 12870.

HP: 0812 9484 296

 

Semoga bermanfaat,

 

– Caprivhia

Facebook Comments

5 Comments

  • Anonymous

    Halo Mba Caprivhia. Seneng bisa baca blog nya. Pernikahan mba kemarin dilangsungkan di belanda atau di indo mba? saya rencana bulan januari mau mendaftarkan pernikahan saya dengan pacar saya di Gementee Venlo, limburg. Permasalahannya yang guarantee saya adalah Adik ipar saya. Karena pacar saya belum dapat kontrak kerja selama 2 tahun. apakah itu bermasalah?

    • caprivhia

      kalo nikahnya cuma dalam 2 bulan visit pake visa holiday sih gak masalah say, tapi kalo berharap bisa lebih dari 3 bulan ribet urusnya…. bisa makan waktu setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.