Part 1: Pengajuan Visa ke Belanda

1. Pengajuan Visa ke Belanda

Berdasarkan rencana keberangkatan di bulan Juli 2011, dan menilik prosedur pembuatan visa di kedutaan Belanda dengan berbagai syaratnya, maka gw putuskan proses pembuatan visa di mulai tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan, yakni Mei 2011.

Mei 2011: Persiapan dokumen

Sesuai syarat pengajuan visa yang tercantum di website-nya, maka hal-hal yang gw persiapkan adalah sbb:

• Meminta camer membuat surat undangan berbahasa Inggris yang isinya menerangkan alasan beliau mengundang, dasar hubungan gw dengan Geart dan hubungan gw dengan sang camer sebagai pengundang.
• Meminta surat pernyataan garansi bahwa camer menjamin orang yang diundang dan menyebutkan akan bertanggung jawab atas keberadaan gw selama di Belanda. Surat garansi ini sudah tersedia dalam format surat resmi di pemerintahan setempat.

• Meminta sketsa asuransi dengan periode tanggungan selama keberadaan gw di Belanda. Asuransi tersebut meliputi asuransi jiwa dan kesehatan, bisa plus-plus. Polis asuransi yang asli belum bisa dibuat tentunya karena jadwal perjalanan gw belum dipastikan.
• Meminta surat keterangan gaji dan print rekening tabungan camer sebagai penjamin.

Semua dokumen asli di atas dikirimkan dari Belanda dan dokumen tersebut sudah gw terima di akhir Mei 2011. Sementara itu dokumen yang gw persiapkan adalah:

• Paspor
• Pas foto dengan latar belakang abu-abu; hanya butuh 2 buah.
• Print out rekening tabungan.
• Surat keterangan pekerjaan gw, karena gw wiraswasta dilengkapi dengan SIUP. Karena gw nggak punya SIUP, pakai SIUP bokap gw. Karena pakai punya bokap jadinya ditambahin sama KK (Kartu Keluarga).
• Bukti tiket pesawat confirm. Secara gw nggak mungkin dapat print tiket sebelum dibayar, akhirnya gw print screen aja buking-an tiket di internet, nggak bayar juga tapi… yang penting kan niat. Hehehe

READ  Part 10: Melapor ke Alien Police

Setelah semua dokumen di atas dilengkapi, saatnya mengajukan visa ke Jakarta. Untuk itu, harus dibuat janji terlebih dahulu. Pembuatan janji dilakukan melalui website khusus Kedutaan Belanda. Membuat janji ini pun susahnya bukan main. Caranya sih gampang, tapi setiap mau ambil hari untuk jadwal gw, kalender sudah penuh dengan janji-janji. Akhirnya gw harus menunggu jam 12.00 malam saat pergantian hari untuk mendahului kandidat lain yang mau bikin janji. (Bacalah! Saya berjanji tidak akan memberi tahu trik ini kepada siapa pun)

Juni 2011: kewajiban menghadap

Dalam pengajuan visa, ada syarat kewajiban menghadap yang tidak boleh diwakilkan. Syarat menghadap artinya wajib setor muka dan mengajukan sendiri ke Kedutaan Belanda di Jakarta. Gw membuat janji di minggu awal Juni supaya bisa segera mendapat kepastian visa dan segera memesan tiket sebelum Juli. Karena gw tidak mau adanya ketidakpastian selama proses pembuatan visa, akhirnya gw menetap di Jakarta selama duapuluh hari. Gw berangkat ke Jakarta tiga hari sebelum tanggal perjanjian visa, kemudian mengajukan visa di hari Senin.

Kewajiban menghadap ini kedengarannya menakutkan. Seolah-olah akan terjadi interview hebat dari konsulat Belanda kepada si penghadap. Namun akhirnya semuanya adalah hal yang biasa-biasa saja. Gw datang membawa kertas print jadwal appointment – antri – memasukkan dokumen – interview sambil memasukkan dokumen – membayar administrasi – menunggu di ruang tunggu – dipanggil lagi dengan selembar kertas berisi jadwal pengambilan visa. And Done!

Awalnya sempat deg-degan mau interview. Ternyata hal-hal yang ditanyakan hanya masalah sepele, seperti; bagaimana gw bertemu Geart, sudah berapa lama pacaran, kenapa orang tuanya yang mengundang, apa pekerjaan gw, dsb. Itupun sambil berdiri di depan konter tempat memasukkan dokumen visa.

READ  Sesuatu yang Tidak Pernah Ku Duga Tentang Malaysia – (cerita 1)

Setelah limabelas hari menunggu jadwal visa, akhirnya gw menjemput paspor gw sendiri. Sebenarnya ini bisa diwakilkan, tapi gw nggak mau beresiko kemungkinan hilang di perjalanan kalau gw nitip ambil pakai surat kuasa. Adakah yang lebih sadar seberapa pentingnya ini buat gw selain gw sendiri? no way. Pengambilan visa juga tidak lama, tidak cukup 30 menit.

Pesan tiket dan mengurus asuransi asli

Karena asuransi berlaku dari tanggal keberangkatan hingga tanggal kepulangan yang pasti, maka hal utama yang gw urus setelah visa di tangan adalah pesan tiket pesawat PP. Tiket emang wajib two ways, kalau nggak, bisa repot di imigrasi. Setelah tiket dibayar dan tanggal keberangkatan dan kepulangan yang pasti sudah ada, barulah asuransi diurus. Pengurusan asuransi hanya satu hari, dan setelah mendapat polis asuransi, Geart langsung mengirim print polis lewat email (scan). Gw tinggal print di sini, jadi print-nya seperti asli bukan copy, yang penting prasarat visa kan sudah kelar.

and then… time to fly!

 

contoh invitation letter (surat undangan)

Facebook Comments

40 Comments

  • satriya

    ini mba ya??? hehehehhee..
    gini mba, saya pingin banget ke belanda, saya sekarang masih mahasiswa, hehehehe

    emang kalo ke sana tu harus ada undangan resmi dari pihak sana??? kalo misal ga ada gmana mba???

    • caprivhia

      Kalau masih mahasiswa ke luar negri sendiri agak susah tuh, belum ada pekerjaan dan penghasilan kan. kecuali dibayar penuh dan digaransi oleh ortu, jadi bisa visa turis. nggak perlu surat undangan dari orang sana, cukup surat keterangan buking hotel dari empunya hotel di belanda.

      tapi kalau mahasiswa mau kuliah ya lain lagi… mesti surat undangan dari professor yang disana…
      kecuali dikirim dari indo, udah diurusin pasti, tinggal berangkat.

    • caprivhia

      Aku pake asuransi dari sana, soalnya diurusin camer semua. nggak susah kok, minta aja pengundanganya ke pihak asuransi di Belanda, trus kasih tanggal pasti berada di Belanda. Nah, asuransi tsb di cover mulai dari berangkat ke Belanda, berada di Belanda nya, sampai pulang ke Indo lagi.

  • satriya

    ya ga sekarang dong gan, hehehe, kan sekarang masih mahasiswa.. jadi biar ane bisa siapin dulu ntarnya, hehehehehhe… kalo mau cari kerja di sana gimana gan?

    • caprivhia

      coba liat deh di website kedutaan, biasanya banyak lowongan buat oran Indonesia. tapi kalau udah di sana sih… tinggal cari sendiri aja. 🙂
      mending cari beasiswa ajaaaa

  • Lya

    Hello,

    Minta tolong tanya 🙂
    Saya mau mengajukan VISA di kedubes Belanda per hari ini 03 May secara online untuk keberangkatan Juni.

    Tapi sedihnya sudah full booked semua.

    Yang tertera hanya kalendar appointment bulan Mei.

    Kapan kalendar Juni dapat diakses ? Apakah kita harus rajin2 buka kalendar utk buat appointment misalnya 2 minggu sebelum bulan pengurusan VISA ?

    Terima kasih untuk sharingnya.

    • caprivhia

      Hallo lya,

      tidak mudah mendapat appointment, apalagi peak season, lagi musim liburan. Biasanya appointment di buka 1 bulan, hitungan kalendernya berarti bisa bikin appointment hingga 1 bulan ke depan. setiap jam 24.00 akan kebuka 1 tambahan hari berikutnya. jadi kamu mesti jagain tuh jam 24.00, pas kebuka langsung book ya..

    • irfan

      Dear All,
      Perkenalkan nama saya irfan,saya sudah 5 tahun berpengalaman tentang pengurusan visa,seperti yang kita ketahui,untuk visa schengen sebelum mengajukan permohonan visa kita harus membuat appoitment terlebih dahulu,nah saya siapp membantu sdr2 untuk pembuatan appoitment tersebut,baik jerman,perancis maupun belanda.jika sdr2 butuh bantuan tersebut silakan hub saya via email ke :irfanrois62@yahoo.co.id atau via telp/sms ke 083186936767.thanks

    • Wina

      kalau mau bikin appointment ke kedutaan belanda. klau seandaniya muncul slot warna hijau apakah kita langsung klik tgl dan jam di slot tsb (jujur sy belum pernah seperti ini dan jga blum pernah muncul slot hijau, merahh terus yg muncul).

  • evan

    halo!! masalah visa saya setuju kalo apply schengen via kedubes belanda itu bikin janjinya susaaaah banget.. saya aja sampai nunggu sebulanan lebih dengan rutinitas tiap pagi yg sama ( online – cek slot kosong heheheh) tapi syukur udh lewat itu semuaaa.. lega bgt.. visanya pun 7 jam jadi! saya interview pagi, dan visanya udh bisa diambil jam 15:00 dihari yg sama asal berkas lengkap dan komplit.. *plus sy make surat dari gementee dgn tujuan family bezoek 🙂

  • rio

    halo mbak…saya mau nanya, untuk pengajuan visa, rekening di tabungan harus ada saldo berapa? saya berencana ke belanda untuk mengunjungi keluarga. Oh ya saya freelance, gimana cara nya klo kita tidak punya SIUP.

  • hallo ,,, mau tanya dong…
    kalau mau bikin appointment ke kedutaan belanda dan kebetulan org tsb warga belanda. nah , pas sudah ke formnya untuk travel start date kenapa diisi ga bisa2 juga ya? masalhnya nie sdra juga dah tua jadi minta bkin appointment via online dan gw juga rada2 ga ngerti nie. tolong dibantu :0. thanks

    • caprivhia

      kalo bikin appointment data tersedia nya cuma 1 bulan say. paling cepet bikin appointment di kalender online nya 1 bulan sebelum. jadi kalo udah telat gitu amat susah.. alias penuh.

  • yuyi

    Hii…alll…slm kenal…ngmng2 ttg visa..ni qu lgi nunggu visaqu,alx maw brgkt bln dpn..klo konsulat d surabaya gmpng bgt buat appointmentx alx g trllu pdt dsna…hx hrs nunggu min 10 hri visax slsi cz documents d kirim k jkt dlu..trz dri jkt d krm k sby lg…mkx bth wktu lma…heheheh

  • irfan

    Dear All,

    perkenalkan saya Irfan, sudah lebih kurang 5 tahun dalam pengurusan semua visa, bagi rekan2 yang ada keluhan tentang visa, baik pembuatan appointment dan bantuan data bisa menghubungi saya ke 083167809244.thanks.

  • hallo,,, mau tanya dong,,
    kalau mau bikin appointment ke kedutaan belanda. klau seandaniya muncul slot warna hijau apakah kita langsung klik tgl dan jam di slot tsb (jujur sy belum pernah seperti ini dan jga blum pernah muncul slot hijau, merahh terus yg muncul).

  • Wina

    hallo,,, mau tanya dong,,
    kalau mau bikin appointment ke kedutaan belanda. klau seandaniya muncul slot warna hijau apakah kita langsung klik tgl dan jam di slot tsb (jujur sy belum pernah seperti ini dan jga blum pernah muncul slot hijau, merahh terus yg muncul).

    • perkenalkan saya Irfan, sudah lebih kurang 5 tahun dalam pengurusan semua visa, bagi rekan2 yang ada keluhan tentang visa, baik pembuatan appointment visa belanda dan bantuan data bisa menghubungi saya ke 083167809244.pin bb 216dde4a,email : irfanrois62@yahoo.co.id
      thanks.

  • yanti

    Dag mevrouw.. saat ini pacar sy lg mau kirim srt undangan utk sy..jd apakah sy jg hrs minta diuruskan asuransi jg dr sana? Dgr2 klu di wawancara di ambassde gak boleh blg klu yg undang kt pacar..ktnya takut nnti si tamu gak mau plg hihi..ini btul ato tdk?saat mnyodorkan buku tabungan hrs ada nominal yg di tentukan ato gmna?krn sy freelence dan tdk punya siup.. lalu klu di bandara schipol petugas bandara pk bhs belanda of english,krn sy gak bs bhs english..

    • caprivhia

      dag sis Yanti,
      urusan asuransi itu wajib, gak bisa ditawar. jadi harus diurus dengan atau tanpa surat undangan. Nah, surat undangan nya juga wajib… 🙂
      wawancara itu pertanyaannya standar dan gampang, tapi jawabnya harus bisa memenuhi syarat berangkat. gak masalah sih kalo yang ngundang pacar aja, tapi pacanya harus 100% bisa garansi dirimu dong.. kan ada kualifikasi nya.
      kalo alasan tamu gak mau pulang gak bisa… hehehe, kan minta disubmit tiket pulang pergi.. ya wajib pulang kampung :p

      iya, buku tabungan ada saldonya..

      di schipol bhs inggris kok. kalo gak bisa ya pake aja bahasa Belanda. wkwkwkwk, ngaco… harus bisa bhs inggris say..

  • yanti

    Dag mevrouw.. saat ini pacar sy lg mau kirim srt undangan utk sy..jd apakah sy jg hrs minta diuruskan asuransi jg dr sana? Dgr2 klu di wawancara di ambassde gak boleh blg klu yg undang kt pacar..ktnya takut nnti si tamu gak mau plg hihi..ini btul ato tdk?saat mnyodorkan buku tabungan hrs ada nominal yg di tentukan ato gmna?krn sy freelence dan tdk punya siup.. lalu klu di bandara schipol petugas bandara pk bhs belanda of english,krn sy gak bs bhs english.. klu mas sy yg undang sy serta jaminan dr sana apakah sj jg hrs menyiapkan sejumlah uang?..sy tggu jawabannya ya zus..bedankt..

  • Anonymous

    Halloo kak, aku juga kebetulan punya calon orang Spier, mau tanya kalo dia yang buat undangan bisa ga? trus ijin tinggal disana paling lama berapa hari yah?
    tx ka…

  • indah

    Salam kenal mba sy indah berencana liburan ke holland bln feb yg secara keseluruhan semua ditanggung pihak sponsor mulai dr keberangkatan indo n balik keindo dgn menyertakan dokumen sponsor yg sdh lengkap sesuai persyaratan yg berlaku. Yang jd masalah sy belum prnh bertemu sm skali dgn pihak sponsor hanya lewat social media by skype, email n bla bla sejak 1 th yg lalu. Teman sy ini blum ada kesempatan utk mengunjungi sy krn kesibukan dia utk bekerja dan study. Menurut mba msh adakah kesempatan sy untuk mendapatkan visa? Mohon saran dan masukannya trims bgt mba atas blog yg sgt membantu GBU!

  • hallo mbak mau nanya nih… pacarq wn belanda, tp dia kerja di new zealand. rencana saya mau ke belanda lebaran ini, dan dia sebagai sponsornya. masalahnya dia ga bisa binik invitation yg didelegasi gemeente itu krn lokasi di newzealand. (jd ibu yg ngajuin invitation tsb) lalu yg mau saya tanyakan, bisa ga ya mbak klo invitation yg dr gemeente itu ats nama ibunya sedangkan personal invitationnya pacar saya yg bikin. atau harus sinkron sama2 semua ibunya yg bikin? dilain sisi, saya ga enak nih sama ibunya soalnya udh ngerepotin trys mksh..

    • caprivhia

      bisa kok atas nama mertua, tinggal dijelaskan saja hubungannya dengan calon dan dengan kita pelamar. aku juga pake sponsor mertua. sukses ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published.