Sekilas Tentang Belanda Sekitar Gw

Personality

Helpfull, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, pandai menjahit, mandiri. gw banget. Hehehe…
*Helpfull alias murah hati kalau memberi bantuan. Yang pasti bukan dari segi uang. Kalau uang sepertinya mereka agak pelit dan belanja juga peritungan. hampir seperti gw orang Padang.
*Baik hati bukan hanya karena ada maunya. Emang sebagian besar orangnya baik hati sih. Tapi tidak seperti orang Indo, kalau nerima tamu di servis, kalau ada makanan di bagi ama temen, kalau jalan-jalan ngabisin bensin mobil temen. pokoknya baik hati dan murah senyum, kalau ketemu sepertinya saling sayang, pelukan, tidak gosip di belakang teman. Tapi lagi ngomongin orang dalam bahasa Belanda, gw sih nggak tau ya… 😛
*Tidak sombong dan apa adanya. Jadi diri sendiri aja. Kalau ditanya menjawab seadanya dan kalau nggak suka langsung bilang seadanya juga.
*Rajin menabung makanya irit. Kalau punya keinginan jalan-jalan ke luar negri biasanya mereka menabung satu tahun sebelum jadwal berangkat. Makanya kalau mengundang ke pesta pernikahan harus dikasih kabar paling lambat enam bulan sebelum hari H. walaupun bukan untuk ke luar negri, dan nggak sopan mengundang seminggu sebelumnya. Pasti diabaikan.
*Pandai menjahit karena terpaksa.Tukang jahit mahal, mending jahit sendiri. lagian baju branded di sini murah apalagi kalau lagi sale. Butuh menjahit baju hanya kalau mau kostum aneh-aneh dan biasanya punya mesin jahit sendiri atau pinjem temen.
*Mandiri itu wajib. Semua biasanya dikerjakan sendiri. Mulai dari yang kecil hingga hal besar seperti membangun rumah sendiri. Soalnya bayar tukang untuk bangun rumah mahal banget. bisa sampai 300.000,- s/d 500.000,- per jam. Kalau mau jadi tukang bangunan ke sini aja. gajinya gede. Makanya semua dikerjakan sendiri.

Geografi

Letaknya di bagian utara bola dunia. Lihat aja petanya sendiri. Ukurannya kecil. kalau mau keliling belanda pakai mobil hanya empat samapi lima jam. Musimnya empat musim. kalau musim panas biasanya panas lebih lama, kalau musim dingin biasanya malam lebih lama. Di setiap musim ada bunga khusus yang tumbuh. kalau musim gugur sudah pasti kering semua, kalau musim dingin bersalju sudah mulai sekarat tanaman nya.

READ  Part 25: Yang datang dan yang pergi

Belanda salah satu negara Uni Eropa (UE). Mata uangnya sudah diganti dari gulden menjadi Euro. Dan dengan tergabung menjadi salah satu anggota UE, penduduknya bisa seliweran tanpa paspor seputar negara-negara UE. Termasuk pelancong, seperti gw. Kalau mau kemana-mana seputar negara-negara tersebut sudah nggak pakai visa. biasanya yang suka lalu lalang disini datang dari Jerman, Prancis, dan Italia. Paling banyak berlayar pakai kapal boat.

Bahasa

Bahasa Belanda. Sayangnya bahasanya susah banget dan ribet. Orang belanda sendiri suka mengeluh. Tata bahasanya nggak beraturan dan nggak efisien. Karena negara ini banyak dikunjungi turis dan siswa yang bersekolah di Belanda, akhirnya bahasa inggris mulai diterapkan menjadi wajib sejak sekolah dini. Makanya semua orang bisa berbahasa Ingris teermasuk yang per bulan ini berumur 70 tahun masih bisa ngomong bahasa Inggris. lo banyangin aja tuh sejak kapan mereka menerapkan wajib bahasa Inggris. Mau nggak mau sih, soalnya semua buku pelajaran sudah dalam bahasa Inggris dan ujian juga berbahasa Inggris.

Kota dan Desa

Semua kota sudah canggih dan modern tapi sangat berbeda-beda. Baik dalam hal pembangunan gedung, aturan dan peraturan, pemerintah juga dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Kalau dibandingkan antara desa dan kota, bedanya hanya di keramaian. Kebersihannya sama. Rumahnya sama dimata gw, sama-sama model kolonial. Tapi menurut Geart desainnya beda. Pendidikan di desa tetap canggih. Salah satu SD campur TK yang gw kunjungi, memiliki papan tulis layar sentuh.

Internet vs HP

Internet di sini laris banget dan super cepat serta tarif murah. sebulan hanya bayar 100.000 rupiah aja bisa dapat internet super cepat. Kalau super lebih cepat lagi paling nambah biaya dikit. Hampir semua informasi, aktivitas dan pengumuman dikaitkan dengan dunia internet. Ingin lihat cuaca per detik ini juga langsung update, termasuk perkiraan satu jam hingga seharian secara tepat. Ingin lihat jadwal kereta juga tinggal klik seperti cek jadwal pesawat airlines di internet. Ingin daftar apapun tersedia di internet. Semua banyak dikerjakan di depan komputer ketimbang seliweran. Jual-beli barang bekas juga laris lewat website Ebay dan Markplaats semacam kaskus. Lain halnya dengan HP, tidak begitu laris. Harga Hp independen cukup mahal, bisa dua kali lipat pasaran Indonesia, kecuali seken. harga seken murah banget dan nggak berarti.Bisa aja ada yang nawarin tukeran tanpa tambahan harga walapun kalau di patok beda harganya bisa sejuta. Kalau mau murah, HP nya harus dibeli dengan kerjasama provider. Nah sepertinya itu akal-akalan deh, biar providernya laku. Caranya bayar cicilan per bulan selama setahun, termasuk langganan internet dan kartu telepon.

READ  Part 4: Petualangan Dimulai

Pekerjaan

Di sini banyak lowongan kerja. Bidang nya banyak, termasuk di bidang sosial. Orang Belanda juga suka kerja jadi sukarelawan. Apalagi kalau mereka tidak kerja penuh atau bahkan tidak bekerja tapi menerima uang tunjangan pemerintah tiap bulan, maka biasanya tanpa paksaan mereka kerja jadi sukarelawan paruh waktu di beberapa departemen sosial. Kalau orang Belanda yang tidak berpendidikan tinggi, misalnya level tukang, bisa berpendapatan paling rendah EUR 1,000 (Rp. 13.000.000,-). Pekerja yang berpendidikan diploma dan sarjana punya pendapatan lebih tinggi. Jam kerja pegawai pemerintahan atau pegawai negri biasanya lima hari, sedangkan kelas pekerja lain rata-rata empat hari.

Homeless alias gembel
Gembel hampir nggak ada. Kalau ada pun mungkin satu antara ribuan manusia. Nggak wajar orang Belanda bisa jagi gembel dan tidak punya rumah. Kalau tidak bekerja aja masih dikasih duit, apalagi kalau sakit, pasti dirawat oleh departemen sosial. Jompo juga ditanggung pemerintah. Kalau mau dapat rumah gratis atau rumah murah bisa daftar ke pemerintah untuk waiting list satu tahun. Jadi kalau bukan karena kesalahan mereka sendiri, nggak bakalan mereka jadi gembel.

Emansipasi Wanita

Di sini wanita dan pria sejajar. Lebih adil lagi daripada emansipasi di Indo. Wanita di sini bisa kerja apa saja termasuk supir, penagih karcis kereta, dan kerja berat lainnya. Yang serunya gw sebut sebagai adil adalah; pria di sini juga biasa memasak. Pertama, mungkin karena mereka sudah hidup mandiri sejak 18 tahun dan harus masak sendiri kalau mau irit, kedua karena kesejajaran tersebut maka wajar kalau masak di dapur bisa bergantian, termasuk bersih-bersih rumah, ngurus anak dll dari tugas wanita.

READ  Part 16: Berkunjung ke kampung camer di Jorwerd

Asuransi
Asuransi di sini laris manis. Seolah hidup tanpa asuransi bagaikan menyendok makanan pakai pisau, itu pepatah gw. Nyaris segala hal diasuransikan. dan yang pasti, asuransi di sini terpercaya. Pihak asuransi juga percaya dengan klien dan klien percaya dengan asuransinya. kalau ada klaim dengan satu dokumen saja, uangnya bisa release dalam beberapa hari.

Baju seragam

Disini baju seragam nggak laku, kecuali seragam polisi. Pegawai pemerintah juga nggak pakai seragam. Pegawai polisi selain polisi juga nggak ada seragam. Pegawai Kedutaan Belanda di Indonesia juga tidak pakai seragam. Pakaian mereka bebas seperti pakaian harian.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.