Part 25: Yang datang dan yang pergi

Di suatu pagi yang cerah, tanpa hujan dan angin dingin yang mana pada saat itu gw lagi bersenang-senang bisa keluyuran, berbelanja tanpa harus terbungkus rapat oleh jaket dan syal tebal, tiba-tiba gw mendapat berita buruk kalau nenek gw meninggal. Di depan sebuah swalayan di Leeuwarden, dekat parkiran sepeda, gw menangis terisak-isak sendirian. Untung bule bukan tipe orang yang mau tahu urusan orang lain, jadi nggak ada yang mendatangi gw dan bertanya “kamu kenapa? or, are you okay?”.

Nenek ku idolaku

Nenek gw tinggal di Pariaman, sendirian tanpa suami. Nenek gw adalah single-parent dari empat anak sejak 40 tahun lalu. Anak-anak nya termasuk nyokap gw bisa hidup layak dan berhasil melawan pahitnya masa lalu bersama beliau. Nenek gw ini adalah idola gw, beliau adalah wanita tangguh. Rasa sayang gw kepada beliau melebihi rasa sayang gw kepada siapa pun dalam keluarga. Dan yang gw liat sampai detik terakhir gw mengambil foto beliau adalah kedamaian dan ketenangan jiwa terpancar dari wajahnya. Nenek gw selalu mengingatkan untuk jangan pernah meninggalkan solat apapun yang terjadi. Nenek gw juga rajin ke mesjid, rajin ikut korban di Idul Adha. Beliau juga sering membantu tetangga yang kesusahan. Banyak hal yang membuat gw begitu bangga dengan beliau. Namun sayang, saat tutup usianya, gw tidak melihat wajah beliau yang berseri.

Lahirnya Keyla Azaria

Beberapa hari sebelum nenek gw meninggal, adik ipar gw melahirkan anak pertama yang merupakan cucu pertama nyokap gw. Pada saat kelahirannya pun gw tidak di Padang. Tapi alhamdulillah tidak menjadi masalah karena itu adalah berita bahagia, dan saat gw di Padang pun gw akan bisa melihatnya.

READ  Part 18: Kejar Tayang Rotterdam - Den Haag

Inikah sebuah keadilan? atau memang suratan takdir ya? Nenek gw yang sehat wal afiat tiba-tiba ditabrak motor di depan rumahnya hingga beliau meninggal, kepergian yang tanpa aba-aba. Biarpun begitu, gw ikhlas. Apalagi beliau meninggal beberapa hari sebelum puasa. Doakan nenek gw diterima di sisi Nya dan damai di alam sana ya…

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.